Langsung ke konten utama

Peran Pemuda di Hari Sumpah Pemuda


Pemuda adalah tulang punggung bangsa. Maju mundurnya sebuah bangsa ada di tangan mereka. Moralitas pemuda menjadi tolak ukur progresitasnya. Di era digitalisasi ini segala aspek kehidupan bisa diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemuda sebagai salah satu bagian dari komponen masyarakat merupakan pengguna media terbesar. Beraneka macam aktivitas pemuda bisa dinikmati dengan mudah oleh semua kalangan. Entah itu bertujuan positif ataupun sebaliknya. Berniat hanya sekedar mencari sensasi atau ingin memberi motivasi. Pemuda harapan adalah pemuda yang senantiasa memiliki inovasi, kreativitas, dan senantiasa memberi semangat untuk membangun karakter pribadinya menuju kemajuan.

Awkarin
Tidak hanya inovasi dan kreativitas yang dibutuhkan bangsa dari para pemuda, namun moralitas yang menjunjung tinggi nilai bangsa juga diperlukan. Fenomena saat ini menunjukkan banyak pemuda-pemudi yang mencari ketenaran instan yang jauh dari nilai-nilai luhur bangsa. Sebagai contoh Karin Novilda atau yang biasa dikenal dengan sebutan "Awkarin". Dia dengan bangganya mengekspos kehidupan privasinya yang seharusnya tidak dikonsumsi publik secara bebas, seperti pose ciuman dengan sang pacar, wanita merokok, clubbing, dan perilaku buruk lainnya. 

Pemuda saat ini ibaratnya sedang berada di ujung tanduk. Jika tidak ikut arus yang semakin menggila, dianggap jadul dan kuper. Tetapi apakah dengan melakukan semua hal itu bisa disebut keren dan hits ? Jawabannya ada dalam diri kalian sendiri.

Tidak semua hal yang keren dan hits patut dicontoh dan dilakukan. Pemuda harus memiliki jati diri dan prinsip hidup sesuai dengan aturan hidup yang benar. Karena ciri orang yang berhasil adalah orang yang sukses sesuai aturan. Aturan hidup bangsa kita sangat menjunjung norma dan budaya yang menjadi cerminan masyarakatnya. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan moralitasnya. 

Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda penerus bangsa yang keren dan hits namun tetap menjunjung tinggi moral identitas bangsa. Jangan kotori predikat tulang punggung bangsa ini dengan hal-hal yang menunjukkan kemunduran moral.

Ayo pemuda saatnya kita tunjukkan bahwa kita bisa menjadi penerus bangsa yang lebih baik di hari pemuda ini! 




SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA 
28 OKTOBER 2016


Komentar